PUSAT INFORMASI
Seputar Kecamatan Taman.....
Kecamatan Taman Terdepan Dalam Pelayanan dan Penciptaan Iklim Investasi
 
KARTU TANDA PENDUDUK (KTP)
Lokasi Pelayanan : Ruang Pelayanan Umum Kantor Kecamatan Taman
Lama Pembuatan :
bisa ditunggu (langsung selesai bila ybs datang sendiri tanpa diwakilkan)
Biaya Administrasi : Gratis

Kartu Tanda Penduduk adalah identitas resmi seseorang sebagai penduduk DKI Jakarta. Kartu ini wajib dimiliki oleh penduduk Kecamatan Taman yang telah berusia 17 tahun dan atau telah menikah.

Pembuatan KTP dilakukan selambat-lambatnya 14 hari sejak :

  • Berusia 17 tahun
  • Tanggal Pernikahan
  • Menjadi Penduduk Kecamatan Taman

Penggantian KTP dilakukan selambat-lambatnya 14 hari sejak berakhir masa berlakunya KTP.

Persyaratan Pembuatan KTP Baru

Untuk memperoleh Kartu Tanda Penduduk (KTP) baru harus melengkapi syarat-syarat berikut :

  • Surat Pengantar dari Desa/Kelurahan
  • Foto Copy Kartu Keluarga
  • Pas Foto terbaru berukuran 2 x 3 cm sebanyak 3 lembar
  • SKPPB bagi pendatang baru dari luar Kecamatan Taman
  • Foto copy Akta Kelahiran
  • SKPPT bagi WNA
  • Bukti Pembayaran Keterlambatan Pembuatan KTP


Untuk memperpanjang Kartu Tanda Penduduk yang sudah habis masa berlakunya harus melengkapi syarat-syarat berikut :

  • KTP lama yang sudah habis masa berlakunya
  • Fotocopy Kartu Keluarga
  • Pas foto 2 x 3 cm sebanyak 3 lembar
  • Surat Keterangan lapor kehilangan KTP dari Kepolisian bagi yang kehilangan KTP
  • Bukti Pembayaran Keterlambatan Perpanjangan KTP

Masa Berlaku KTP
KTP berlaku untuk jangka waktu 5 tahun, kecuali manula (berusia di atas 60 tahun), KTP berlaku seumur hidup. Berakhirnya masa berlaku KTP, sesuai dengan tanggal dan bulan kelahiran yang bersangkutan. KTP yang rusak, hilang atau berubah data, seperti perubahan alamat, kewarganegaraan, nama dan sebagainya harus diganti dengan KTP baru. Yang tidak wajib memiliki Kartu Tanda Penduduk adalah anggota perwakilan negara asing, organisasi-organisasi internasional, corps diplomatik berserta anggota keluarganya dan penduduk sementara (pemegang KIM / KIM'S).

Prosedur Pelayanan
Tugas Kewajiban Penduduk : Datang ke kantor Kecamatan dengan membawa :

  • KTP lama
  • Foto copy Kartu Keluarga dan aslinya
  • Pas foto 2 lembar ukuran 2 x 3 cm
  • Surat Pengantar dari Desa/Kelurahan
  • Surat Kuasa bagi penduduk yang tidak bisa mengambil sendiri dengan diketahui Desa/Kelurahan
Tugas dan kewajiban Petugas Kecamatan : Bila data penduduk sudah benar :
  • Menerima dan meneliti seluruh berkas persyaratan
  • Mencocokkan KTP lama warga dengan KTP baru
  • Menandatangani KTP dan menerima retribusinya
  • Menyelesaikan proses administrasi lainnya lebih lanjut
Terkait Pelayanan :
Kartu Tanda Penduduk

Link Terkait :
jatimprov
juanda
KAI
depkominfo
KPU
DPRD
KPK
Didukung Oleh :
© 2012
Sekretariat Kecamatan Taman